Yahoo! Avatars
    Yahoo! Avatars

Samstag, Oktober 01, 2005

Isu yang bakal banyak dibicarain hari ini

Udah 3 hari kemaren aku liat, tiap berangkat ke kantora dan pulang, pom bensin selalu aja penuh dan banyak yang ngantri, udah gitu pake dijagain ama polosi lagih (kaya yang ada demo ke pom bensin ajah)..
Trus tadi malem, mungkin karena kebiasaan, aku menunggu pengumuman dari pemerintah tentang kebijaksanaan kenaikan harga BBM.. biasanya kan di PSIK suka diomongin tuh, makanya jadi kebiasaan kalo BBM mo naik aku pasti nungguin tivi..
Trus kebiasaan juga orang indonesia atau emang dasar orang-orang petinggi itu kali yah.. janji pertamanya mereka akan mengumumkan jam 10 malem gitu, tapi ternyata ampe jam 11 lebih juga belon keluar keputusannya..

yah, akhirnya keluar juga deh pokoknya.. dengan perubahan yang gila-gilaan..
emang sih, pada awalnya aku setuju dengan kebijakan perubahan harga BBM ini, soalnya emang harus juga subsidi itu dikurangin atau bahkan sampai nantinya dihilangkan dan pada akhirnya mungkin rakyat bisa mandiri dan utang negara kan bisa kebayar kali dikit demi dikit... toh negara lain aja udah banyak yang ngejual bensin dengan harga di atas 15000 per liternya.. tapi setelah tau perubahannya..

Bensin, Premium.. dari 2400 jadi 4500 per liternya..
Minya Solar... dari 2100 jadi 4300 per liternya..

ok deh yang ini mah kebanyakan untuk masayarakat menengah ke atas.. ga apa-apa deh..
tapi kemudian aku ngitung juga.. dengan Panther taun 1995 yang setiap hari aku gunakan untuk ke kantor, aku membutuhkan kurang lebih 20 liter per minggunya.. which is... Rp. 86.000,- perminggu !!
WADAOW!!! naha jadi lier kieu nya hulu teh... ngadadak teu bisa mikir deui...
sebulan aja bisa jadi (anggapan: setiap beli mintanya "pak meser saratus rebueun.." which is = 23,25 liter sekian) total 400 rebu... nahlo.. gimana cara idup dengan seperti ini yah?

ada lagi yang sempet bener-bener kepikiran...
Minyak tanah... dari 700 jadi 2000 per liter.. WOOOOYYYY!!!! ini buat rakyat kecil kenapa jadi mahal banget? naeknya kok ampe hampir 200% ginih ya? gimana mereka mau masak dan makan? notabene masih orang kecil itu kan masih sangat tergantung sama minyak tanah dan yang aku rasa, cari minyak tanah aja susah, apalagi pas udah dapet ternyata malah mahal banget, bisa beli ga yah?

duh duh duh.. kenapa jadi ikutan pusing gini yah? terus, itu teh belum ada keputusan soal gas elpiji, pertamax dan pertamax plus.. eh.. bukannya biasanya langsung mengikuti.. tapi kok ga ada keputusannya? ato masih dibilang "bertahap" juga?
abis ini teh pasti geura lah, ongkos angkutan umum langsung naik, apakah itu dari organda langsung atau supir yang langsung main naikin aja.. isukan, sembako geus nararaek.. udah gitu tiap barang pasti ikutan naik harganya.. ehh... eta geura.. naha UMR ga dipikirin ama pemerintah yah? kalo UMRnya ga ada perubahan, trus bagaimana nasib orang-orang yang sebelumnya aja udah susah?

nah.. sekarang bagaimana cara menyikapinya? kalo aku mikir-mikir untuk kebaikan sih, emang ga salah-salah amat BBM naik untuk mengurangi subsidi (walopun ada yang bilang caranya ga populis, emangnya butuh popularitas apa untuk memperbaiki negara?), tapi mungkin dari segi rakyat emang bakal ngerasa sengsara banget deh.. tapi.. ya jalani aja dulu, irit-irit deh.. kencengin tali pinggang, besok kita puasa ini.. siapa tau bisa juga untuk ajang pembelajaran...
ingat-ingat tuh, Tarif dasar listrik juga mau naik lagi dan belum dibicarakan.. belum lagi air bersih (PAM).. duh.. masih banyak deh yang bakal naek..
demo.. kah?
hihihi... jadi inget deh kalo ngomong demo sama jaman taun 98 dulu di kampus... Roy!! Cal!! Bonk!! duh.. banyak amat benernya.. yang ditulis kan cuma the last mohicans aja.. hehehe... demo deui kitu nya?
hahaha.. sudahlah.. kita lihat aja perkembangan yah.. siapa tau ternyata segalanya udah dipersiapkan ke arah yang lebih baik.. entahlah..
semoga pemerintah ga salah ambil keputusan deh..

tinggal cara penyikapan rakyat harus gimana yang kita pikirin.. kita juga rakyat kan? pemerintah juga bagian dari rakyat.. bukan?
penyikapan.. penyikapan..

Demi Tuhan, Bangsa, dan Almamater... MERDEKA!!!